Minggu, 06 Mei 2012








































BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), manusia semakin di tuntut untuk mengetahui hal-hal yang lebih kompleks.  Dalam hal ini, manusia juga di tuntut untuk berkembang dan mampu melihat hal-hal yang menjadi fenomena penting dalam kehidupan sehari-hari.
Ilmu pengetahuan bumi dan antariksa mengenai meteorologi, klimatologi dan geofisika adalah ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Namun, banyak orang terutama masyarakat Indonesia yang kurang menyadari pentingnya mempelajari ilmu meteorologi, klimatologi dan geofisika, padahal tanpa mereka sadari ilmu tersebut sangat memberik manfaat yang lebih bagi kehidupan manusia. Dari ilmu tersebut kita mampu mengetahui dan mendeteksi gejala-gejala alam yang terjadi di sekitar kita.
Dari uraian di atas, kita sebagai pelajar-pelajar diharapkan mampu mengetahui dan memanfaatkan ilmu pengetahuan bumi dan antariksa untuk kemaslahatan ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan zaman. Dan salah satu tempat dimana kita bisa mempelajari serta melihat secara langsung adalah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Stasiun BMKG Pekan Baru.
Kunjungan ke BMKG merupakan salah satu program Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agroteknologi . Kunjungan tersebut dilakukan di BMKG karena adanya kesinambungan dengan mata kuliah Ilmu Pengetahuan Agroteknologi(Pertanian)
Selain itu, kunjungan ke BMKG juga dilatarbelakangi oleh adanya keingintahuan mahasiswa Pertanian  terutama mahasiswa yang mengambil mata kuliah Ilmu Agro Teknologi(Pertanian), sebagai wujud pencarian adanya relevansi yang ada di BMKG dengan mata kuliah tersebut.


BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN

B.       Tujuan dan Fungsi Kunjungan
Kunjungan ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilangsungkan pada hari Kamis  tanggal 26 Januari  2012 memiliki fungsi dan tujuan sebagai berikut:
1.        Menambah khazanah keilmuan, terutama Ilmu Pengetahuan Di bidang Pertanian.
2.        Mengetahui alat-alat yang di gunakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam melakukan berbagai penelitian .
3.        Mengetahui dan mempraktikkan teknik cara menggunakan alat-alat yang ada di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berupa simulasi.
4.        Mengetahui cara kerja si setiap stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekan Baru.
 
C.      Manfaat dari Kunjungan Ke BMKG Pekan Baru.
1.        Mendapat ilmu Kepertanian.
2.        Mengetahui peralatan yang digunakan di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
3.        Dapat melihat langsung cara menggunakan beberapa alat yang ada di Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
4.        Mengetahui sistematika penyebaran informasi gempa atau yang berkaitan dengan cuaca dan iklim.

D.      Peserta dan Waktu Kunjungan Lapangan
Adapun peserta kunjungan ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah seluruh mahasiswa Jurusan Agroteknologi Teluk Kuantan STIP-US  , yang terdiri dari Mahasiswa Agroteknologi Semester 1
Observasi ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 26 Januari  2012, tempat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Stasiun BMKG Pekan Baru

BAB III
PELAKSANAAN

  1. Nama Peralatan ,Jenis Alat,Cara Kerja Dan Kegunaan.

Nama  : Campbell Stokes

Fungsi : Merupakan alat untuk mencatat lama penyinaran matahari.


G.1. Campbell Stokes

             Bagian-bagian alat : Bola gelas, lensa cembung mengumpulkan sinar matahari ke suatu titik api; tempat menyisipkan kertas pias;  pengatur kertas pias; penunjuk yang menyatakan lintang pada waktu alat di setel; tiga buah sekrup menyetel kedudukan horisontal.

Cara Kerja  :
               Lamanya penyinaran sinar matahari dicatat dengan jalan memusatkan (memfokuskan) sinar matahari melalui bola gelas hingga fokus sinar matahari tersebut tepat mengenai pias yang khusus dibuat untuk alat ini dan meninggalkan pada jejak pias. Dipergunakannya bola gelas dimaksudkan agar alat tersebut dapat dipergunakan untuk memfokuskan sinar matahari secara terus menerus tanpa terpengaruh oleh posisi matahari. Pias ditempatkan pada kerangka cekung yang konsentrik dengan bola gelas dan sinar yang difokuskan tepat mengenai pias. Jika matahari bersinar sepanjang hari dan mengenai alat ini, maka akan diperoleh jejak pias terbakar yang tak terputus. Tetapi jika matahari bersinar terputus-putus, maka jejak dipiaspun akan terputus-putus. Dengan menjumlahkan waktu dari bagian-bagian terbakar yang terputus-putus akan diperoleh lamanya penyinaran matahari.

Aktinograf



Berperekam atau otomatis mengukur setiap saat pada siang hari radiasi surya yang jatuh ke alat. Sensor atau yang peka bila kena sinar surya terdiri atas bimetal (dwilogam) berwarna hitam mudah menyerap radiasi surya. Panas karena radiasi yang diserap ini membuat bimetal melengkung. Besarnya lengkungan sebanding radiasi yang diterima sensor. Lengkungan ini disampaikan secara mekanis ke jarum penulis di atas pias yang berputar menurut waktu. Hasil rekaman sehari ini berbentuk grafik. Luas grafik/integral dari grafik sebanding dengan jumlah radiasi surya yang ditangkap oleh sensor selama sehari.



Nama  : Anemometer
Fungsi : Untuk mengukur kecepatan angin 

Cara kerja :
Angin yang bertiup akan membuat anemometer berputar dan kecepatan angin akan ditunjukkan oleh spidometer yang tertera pada alat.
·  Cara penggunaan : anemometer harus ditempatkan di daerah terbuka. Pada saat tertiup angin, baling-baling atau mangkok yang terdapat pada anemometer akan bergerak sesuai arah angin. Makin besar kecepatan angin meniup mangkok-mangkok tersebut makin cepat pula kecepatan berputarnya piringan mangkok-mangkok. Dari jumlah putaran dalam 1 detik maka dapat diketahui kecepatan anginnya.
·  Kelemahan : Agar alat bekerja efektif antara alat dan benda-benda sekitar diberi jarak yang cukup jauh, dan untuk memperoleh data yang matang harus dilakukan perhitungan terlebih dahulu.

Automatic rain samplar
Fungsinya adalah untuk mengambil sampel air hujan yang akan diukur konsentrasi kimia Air Hujan.
Automatic Rain Sampler adalah peralatan yang digunakan untuk mengambil sampel air hujan Wet dan Dry. Prinsip kerjanya jika terjadi hujan maka sensor akan memberikan trigger kepada sistem kontrol untuk membuka tutup tempat penampungan air yang digerakkan oleh motor listrik, selama hujan penutup tersebut tetap terbuka kemudian setelah hujan berhenti maka penutup akan bergerak ke posisi semula. Sehingga air hujan yang di tempat penampungan tak terkena kotoran lain karena tertutup rapat. Kemudian sampel air hujan tersebut dikirim ke Laboratorium Kualitas Udara

engenalan peralatan Meteorologi dan Klimatologi dalam judul ini ditulis dalam Microsolf PowerPoint. Penulis dan penyajinya adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Klimatologi Karangploso-Malang. Materi tersebut disajikan kepada para peserta Diklat Geografi SMA/MA Tingkat Dasar Se-Indonesia di aula BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso pada 23 September 2011 lalu. Kunjungan ke Stasiun Klimatologi Karangploso itu sendiri merupakan satu kegiatan lapangan yang dijadwalkan oleh penyelenggara Diklat, P4TK.

Isi dari presentasi ini meliputi bidang tugas Stasiun Klimatologi Karangploso dan pengenalan peralatan-peralatan Meteorologi dan Klimatologi yang ada pada stasiun tersebut. Peralatan-peralatan tersebut meliputi: taman alat, berbagai anemometer, penakar hujan biasa (tipe Obs), penakar hujan jenis Hellman, evaporimeter panci terbuka, piche evaporimeter, lysimeter, camble stokes, actinograph, gun bellani integrator radiation, high volume air sampler, automatic weather system (AWS), dan peralatan-peralatan lain yang dijelaskan di lapangan. Deskripsi selengkapnya dapat dibaca dengan mengklik:











Gambar Termometer Maksimum dan Minimum

Termometer Maksimum

 Jenis khusus termometer air raksa, disebut termometer maksimum
Cara Kerja
Termometer Maksimum bekerja dengan adanya katup pada leher tabung dekat bohlam. Saat suhu naik, air raksa didorong ke atas melalui katup oleh gaya pemuaian. Saat suhu turun, air raksa tertahan pada katup dan tidak dapat kembali ke bohlam membuat air raksa tetap di dalam tabung. Pembaca kemudian dapat membaca temperatur maksimum selama waktu yang telah ditentukan. Untuk mengembalikan fungsinya, termometer harus diayun dengan keras
 Fungsi
Termometer maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00 UTC atau jam 19:00 WIB. Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi atau serendah-rendahnya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola keringyang tertinggi pada hari yang bersangkutan
Pengamatan Suhu Udara Maksimum
Baca termometer maksimum dengan cepat dan cermatsampai persepuluh derajat terdekat
  •  Setelah dibaca keluarkan termometer dengan hati-hati
  • Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada di bawah
  • Ayun/dikibas-kibaskan termometer tersebut berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus tersambung kembali dengan sempurna
  • Kembalikan termometer maksimum tersebut ke tempatnya semula dengan hati-hati
  • Pada saat mengembalikan, termometer maksimum harus dipegang dengan dua tangan sedikit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian ujung tabungnya.

Temperatur Minimum

Fungsi
Termometer minimum berfungsi mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00 UTC atau jam 07:00 WIB. Hasil bacasuhu minimum harus lebih rendah atau setinggi-tinggi sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari termometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.



Pengamatan Suhu Udara Minimum
  • Pada pengamatan suhu minimum skala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola termometer
  • Baca termometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat
  • Setelah dibaca, keluarkan termometer dengan hati-hati
  • Pegang termometer dan miringkan dengan bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur ke bawah sampai berhenti menempel pada minikus (alkohol)
  • Kembalikan termometer minimum tersebut ketempatnya semula dengan hati-hati
  • Pada saat mengembalikan, termometer minimum harus dipegang dengan dua tangan seikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya  diletakkan terlebih dahulu kemudian bagian bolanya diletakkan dengan hati-hati agar ujung indeks tetap menempel pada minikus

Termometer Bola Basah - Bola Kering


Termometer Bola Kering merupakan alat ukur suhu udara di permukaan yang diamati setiap jam pengamatan. Dari 2 termometer ini diketahui data RH dan TD. 
Perawatan Termometer Bola Basah - Bola Kerieng
  • Pemeriksaan harus dilakukan secara periodik minimal 1 bulan sekali
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan Psychrometer  Bola Kering - Bola Basah adalah Bulb termometer yang harus selalu bersih dari debu, kotoran, lumut atau kapur. Perawatan dengan cara mengelap / mengikir menggunakan lap bersih / pisauy karter
  • Kain muslin dipasang 2 cm di atas wet-bulb termometer (diameter bulb adalah 1 cm)
  • kain muslin yang harus diganti bila telah kotor. lapuk

Fungsi :Untuk mengukur suhu  udara
Cara Kerja :
    Thermometer air raksa ini memiliki pipa kapiler kecil (pembuluh) didekat tempat/ tabung air raksanya, sehingga air raksa hanya bisa naik bila suhu udara meningkat, tapi tidak dapat turun kembali pada saat suhu udara mendingin. Untuk mengembalikan air raksa ketempat semula, thermometer ini harus dihentakan berkali-kali atau diarahkan dengan menggunakan magnet. 
      Untuk pengamatan suhu udara ujung kolom ini menunjukkan suhu udara karena penyusutan air raksa kecil sekali dan dapat diabaikan. Jadi Thermometer menunjukkan suhu udara tertinggi setelah terakhir dikembalikan. Thermometer dikembalikan setelah dibaca.
3. 1.      Thermohygrograaph


Fungsi : untuk mengukur suhu dan kelembapan udara
Cara kerja :

Alat ini mencatat otomatis temperatur dan kelembapan sebagai fungsi waktu. Thermohygrograph ini adalah logam panjang yang terdiri dari 2 bagian, kuningan dan invar. Bentuk bimetal merupakan spiral. Terpasang pada sumbu horizontal dan diluar kotak Thermograph. Satu ujung bimetal dipasang pada kotak dengan sekrup penyetel halus, sehingga letak pena dapat diatur. Ujung lain dihubungkan ketangkai pena melalui sumbu horizontal sehingga dapat menimbulkan track/ rekaman pada kertas pias yang berputar 24 jam per rotasi. Jika temperatur naik, ujung bimetal menggerakkan tangkai pena keatas, dan sebaliknya. Sebelum dipakai, thermograph harus dikalibrasi terlebih dahulu. Alat ini harus ditempatkan dalam sangkar apabila dipakai untuk mengukur atmospher.

Pengukur Tekanan Udara

Gambar Alat Pengukur Tekanan Udara (Barograf)
Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara adalah Barograf, dimana pengukuran dilakukan seminggu sekali dengan cara mangambil kertas pias yang secara otomatis telah mencatat hasil kelembaban udara.  Sedangkan  higrograf diamati setiap hari sekali.
Barograph adalah istilah lain untuk barometer yang dapat merekam sendiri hasil pengukurannya. Barograph umumnya menggunakan prinsip Barometer Aneroid, dengan menghubungkan beberapa kapsul / cell aneroid dengan sebuah pena untuk membuat track pada kerta pias yang diletakkan pada tabung yang berputar 24 jam per rotasi. Pada pias terdapat garis-garis tegak menunjukkan waktu dan garis mendatar menunjukkan tekanan udara.Tingkat keakuratan dari barograph, salah satunya ditentukan oleh jumlah kapsul / cell aneroid yang digunakan. Semakin banyak kapsul aneroid yang digunakan maka semakin peka barograph tersebut terhadap perubahan tekanan udara.

Sangkar Cuaca

Gambar 2. Sangkar Cuaca
Sangkar cuaca digunakan dengan maksud agar pengukuran suhu tidak terkena langsung sinar matahari tetapi sirkulasi udara masih lancar, sehingga sangkar cuaca dibuat sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan pengukuran
Bagian-Bagian Sangkar
  1. Beton
  2. Permukaan Lantai Sangkar
  3. Pintu Sangkar 2 (dua) daun, bagian muka dan belakang
  4. papan penutup ruang sangkar (tebal 2 cm) berlubang 5 (lima) @=2,5 cm 
Bentuk Sangkar
Terbuat dari kayu yang baik (jati/ulin) sehingga tahan terhadap perubahan cuaca. Sangkar dicat putih agar tidak banyak menyerap radiasi panas matahari. Sangkar dipasang dengan lantainya berada pada ketinggian 120 cm di atas tanah berumput pendek, sedangkan letaknya paling dekat dua kali (sebaiknya empat kali) tinggi benda yang berada di sekitarnya. Sangkar. Sangkar dipasang kuat berpondasi beton sehingga tidak dapat bergerak atau bergoyang jika angin kencang, selain itu agar sangkar tidak mudah dimakan rayap. Sangkar mempunyai dua buah pintu dan dua jendela yang berlubang-lubang/kisi. Lubang/kisi itu memungkinkan adanya aliran udara. Temperatur dan kelembaban udara di dalam sangkar mendekati/hampir sama dengan temperatur dan kelembaban udara di luar. Sangkar dipasang dengan pintu membuka/ menghadap utara-selatan, sehingga alat-alat yang terdapat di dalamnya tidak terkena radiasi matahari langsung sepanjang tahun. Jika matahari berada pada belahan bumi selatan, pintu sebelah utara yang dibuka untuk observasi atau sebaliknya
Alat pengukur kelembaban udara dimasukkan ke dalam Sangkar Cuaca yang di dalamnya antara lain berisi
  • Temperatur maksimum minimum
  • Termometer basah kering
  • Barograf
  • Termohigrograf
  •  Swing termometer
  • Evaporimeter jenis Piche atau jenis Keshner

pengukur curah hujan.

 Penakar hujan jenis tipping bucket
Fungsi : untuk mengukur curah hujan
 Cara Kerja :
Pada prinsipnya jika hujan turun, air masuk melalui corong besar dan corong kecil, kemudian terkumpul dalam ember (bucket) bagian atas (kanan). Jika air yang tertampung cukup banyak menyebabkan ember bertambah berat, sehingga dapat menggulingkan ember kekanan atau kekiri, tergantung dari letak ember tersebut. Pada waktu ember terguling, penahan ember ikut bergerak turun naik. Penahan ember mempunyai dua buah tangkai yang berhubungan dengan roda bergigi. Gerakan turun naik penahan ember menyebabkan kedua tangkainya bergerak pula dan bentuknya yang khusus dapat memutar roda bergigi berlawanan dengan arah perputaran jarum jam. Perputaran roda bergigi diteruskan ke roda berbentuk jantung. Roda yang berbentuk jantung mempunyai sebuah per yang menghubungkan kedua pengatur kedudukan pena yang letak ujungnya selalu bersinggungan dengan tepi roda. Perputaran roda berbentuk jantung akan menyebabkan kedudukan pena bergerak sepanjang tepi roda.

 Gambar Alat Pengukur Curah Hujan (Ombrometer)
Alat yang digunakan adalah ombrometer otomatis (lengkap) dimana setiap saat jika terjadi hujan sudah tercatat besarnya curah hujan serta intensitasnnya.  Data dapat diperoleh dengan mengambil kertas pias yang ada pada alat.  Jika pencatat otomatis ada masalah maka dapat dilakukan pengukuran setiap hari dengan menakar jumlah air yang ada pada penampungan dengan menggunakan gelas ukur dengan satuan mm/hari, kemudian di akumulasikan menjadi mm/bulan/ per tahun.


Pan Evaporasi
Fungsi  : untuk mengukur evaporasi

Cara kerja :
Evaporimeter panci terbuka digunakan untuk mengukur evaporasi. Makin luas permukaan panci, makin representatif atau makin mendekati penguapan yang sebenarnya terjadi pada permukaan danau, waduk, sungai dan lain-lainnya.
Alat yang digunakan adalah Pan Evaporation, alat ini dilakukan pengamatan setiap hari yaitu pada pagi hari dengan mengukur ketinggian air dari standar yang telah dipasang pada bagian permukaan alat.  Perhitungan dengan mengurangkan ketinggian air hari ini dengan ketinggian air kemarin / sehari sebelumnya, tetapi selama pengukuran terdapat hujan maka harus ditambahkan jumlah airnya.
 Contoh :
  •   Hari kemarin ketinggian 75 mm
  •   Curah hujan 10 mm
  •   Hari ini ketinggian 80 mm
  •   Maka  diperoleh evaporasi :
  •   Nilai Hari ini  -  nilai hari Kemarin + curah hijan
  •   Sehingga  80 – 75 + 10  =  5 mm/ha

AUTOMATIC RAIN WATER SAMPLER
Digunakan untuk mengoperasikan penakar hujan secara otomatis untuk menampung atau mengumpulkan sampel air hujan. Peralatan sensor yang akan dipakai ini adalah sangat peka begitu saat hujan terjadi maka motor penggerak  akan membuka tutup peralatan pengumpul sampel air hujan secara otomatis yang kemudian sampel selanjutnya dialirkan melalui selang ke botol plastik yang berbahan dasar polyethylene. Sensor ini akan menutup secara otomatis selama tidak ada periode hujan (saat hujan berhenti) yang bertujuan untuk menghindari atau mencegah terkontaminasinya sampel air hujan oleh polutan yang terbawa saat periode endapan kering (dry deposition).
Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. Pada prinsipnya, seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil. Dengan begitu, dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram.
Seismograf memiliki instrumen sensitif yang dapat mendeteksi gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa bumi. Gelombang seismik yang terjadi selama gempa tergambar sebagai garis bergelombang pada seismogram. Seismologist mengukur garis-garis ini dan menghitung besaran gempa.
Seismograf menggunakan dua klasifikasi yang berbeda untuk mengukur gelombang seismik yang dihasilkan gempa, yaitu besaran gempa dan intensitas gempa. Kedua klasifikasi pengukuran ini menggunakan skala pengukuran yang berbeda pula. Skala pengukuran gempa tersebut terdiri dari Skala Richter dan Skala Mercalli. Skala Richter digunakan untuk menggambarkan besaran gempa sedangkan Skala Mercalli digunakan untuk menunjukkan intensitas gempa, atau pengaruh gempa terhadap tanah, gedung, dan manusia.
Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk keperluan navigasi dalam penerbangan, pendakian, dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian.
Altimeter bekerja dengan beberapa prinsip.
  • tekanan udara (yang paling umum digunakan)
  • Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi)
  • Gelombang (ultra sonic maupun infra merah, dan lainnya)
Penggunaan Altimeter umumnya selalu diikuti dengan penggunaan kompas.
Psychometer Putar
Fungsi : Untuk mengukur kelembapan udara

Cara kerja :
Sebelum pemutaran bola basah dibasahi dengan air murni. Psychrometer diputar cepat-cepat (3 putaran/ detik). Selama + 2 menit, dihentikan dan dibaca cepat-cepat. Kemudian diputar lagi, dihentikan dan dibaca seterusnya sampai diperoleh 3 data. Data yang diambil adalah suhu bola basah terendah. Jika ada 2 suhu bola basah terendah yang diambil suhu bola kering.













BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika kita dapat mengenjungi beberapa tempat, yaitu :
1.      Stasiun Geofisika Jakarta, merupakan tempat di BMKG yang mengelola data geofisika terutama mengenai gempa bumi.
2.      Stasiun Meteorologi 745 Jakarta, merupakan tempat melakukan penelitian yang berkaitan denga cuaca.
3.      Simulator Gempa Bumi, merupakan alat simulasi yang mampu menirukan gempa bumi di suatu daerah dengan bantuan software yang di ubah menjadi voltase.
4.      Ruang Operasional Geofisika, merupakan ruangan dimana data-data geofisika diperoleh, diolah dan di informasikan.
5.      Laboratorium Kualitas Udara, merupakan laboratorium penelitian kualitas udara di   suatu daerah.
6.      Ruang operesional Meteorologi di setiap tempat, terdapat berbagai alat-alat pengukuran yang mendukung kinerja BMKG.

B.Saran
Banyak hal yang masih kekurangan dalam laporan BMKG yang saya buat ini,jika ada kekurangan harap di maklumi,dan kami juga menerima komentar dan saran anda dalam laporan ini.
Atas partisipasi anda dalam laporan ini saya ucapkan terima kasih.







BAB V
PENUTUP

Demikianlah laporan tentang kunjungan ke BMKG pekan baru, yang dapat bermanfaat untuk kita semua, yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan dengan adanya penelitian langsung ke BMKG yang tlah memberikan secara jelas apa-apa saja yang berkaitan dengan pertanian,jadi kami lebih mudah meninjau langsung ke lapangan,sungguh kami berterima kasih karena telah dapat meninjau langsung ke lapangan.
Dan saya sebagai penyusun laporan ini juga berterima kasih kepada instruktur yang berada di BMKG yang telah memberikan informasi yang begitu jelas,dan kepada teman-teman seperjuangan yang telah berpartisipasi dalam praktek ke BMKG ini.
Akhir kata saya tutupi laporan ini ,aslammualaikum wr,wb.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar